Monday, April 23, 2007

Konsep Google Pagerank

Source : http://www.seo-indonesia.com/

Dalam menentukan hasil sebah pencarian, search engine menggunakan algoritma yang sangat rumit dan variabel yang yang sangat banyak. Diantaranya adalah penggunaan keywords, meta, inbound link, density, content dan link popularity. Link popularity adalah cikal bakal dari pagerank.Link popularity, merupakan sebuah konsep yang dikembangkan untuk mengatasi kekurangan dari teknologi lain yang bisa dicurangi dengan trik-trik curang seperti hidden text, doorway pages, cloaking yang biasa disebut trik seo black hat. Dengan link popularity, setiap halaman akan diperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keuar). Konsep ini secara teknis dapat mengurangi efek dari trik-trik untuk menipu search engine yang didasarkan pada onpage optimization.

Pagerank, memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi pagerank tidak hanya memperhitungkan inbound link dan outbound link. Pendekatan yang digunakan adalah : sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking tinggi mengacu ke halaman tersebut.Dengan pendekatan yang digunakan pagerank, sebuah rangking akan ditentukan oleh rangking dari halaman web yang rangkingnya ditentukan oleh rangking halaman web lain yang memiliki link ke halaman tersebut. Jika dicermati, proses ini berarti suatu proses yang berulang (recursive).

Dimana di internet ada jutaan bahkan milyaran halaman web. Oleh karena itu sebuah rangking halaman web ditentukan dari struktur link dari keseluruhan halaman web yang ada di dunia maya. Sebuah proses yang sangat besar dan komplek yang tentunya memerlukan resources yang sangat besar.

No comments: