Tuesday, April 24, 2007

Implementasi Pagerank dalam Google Search Engine

Source : http://www.seo-indonesia.com

Pagerank? Hal yang membuat stres beberapa orang. Semua webmaster menginginkan website mereka memiliki pagerank yang setinggi mungkin. Sebelum berusaha terus meningkatkan pagerank dengan cara-cara yang baik (white hat seo) atau bahkan cara yang curang (black hat seo), mungkin sebaiknya anda mengetahui bagaimana google search engine menerapkan hasil dari pagerank dalam SERP atau listing hasil pencarian mereka dalam google search engine.

Dalam memberikan hasil pencarian google search engine menggunakan beberapa variabel yaitu :
1. Page spesific factor
Bagian halaman web anda yang dibahas dalam artikel “bagian yang diperhatikan search engine“. Hal ini tentunya sepenuhnya ada dalam control anda dan anda seharusnya sudah mengoptimalkannya.
2. Anchor text Inbound link.
Hal ini kadang sepenuhnya anda bisa kontrol dan kadang tidak sama sekali. Untuk lebih mendalami masalah ini dijelaskan dalam artikel “Bagaimana membuat inbound link text yang baik“.
3. Pagerank
Digunakan paling akhir, sekali lagi… paling akhir.

Page spesific factors merupakan hal-hal yang berkaitan dengan isi content dan halaman anda, dan ini merupakan kabar yang sangat baik, karena bisa anda bayangkan jika pagerank digunakan sebagai variabel pertama, mungkin halaman anda tidak akan pernah terlihat di halaman pertama listing goggle. Oleh karena itu,hal pertama yang memang harus dilakukan dalam seo adalah onpage optimization bukan sibuk menghubungi webmaster lain untuk bertukar link.Dalam memberikan hasil pencarian, sebelumnya google melakukan penilaian terhadap index mereka halaman yang paling relevan dan membandingkan juga inbound link text nya. Setelah ditemukan hasil sesuai dengan kewords yang dicari, kemudian google memasukan nilai pagerank dalam menentukan urutan listingnya. Jadi dapat kita lihat meskipun anda memiliki pagerank tinggi tidak akan terlisting jika anda salah dalam memilih isi page spesific factor dari setiap halaman anda.

Hasil listing dari pencarian dengan satu keywords yang singkat misalnya “artikel” mungkin akan memberikan hasil yang tidak tepat dari halaman yang memiliki rangking tinggi, dan akan sangat banyak halaman yang memiliki keywords itu dalam content mereka dan yang memiliki pagerank tinggi terlisting paling atas walaupun content aslinya jauh dari relevan.Tetapi sebagaian besar orang pasti menggunakan keywords misalnya “artikel komputer”, karena itulah pentingnya memilih keywords yang tepat untuk melakukan proses seo.

No comments: