Monday, April 23, 2007

Elemen-Elemen SEO

Untuk memulai mengoptimalkan Web Anda dengan SEO ada beberapa elemen-elemen SEO yang perlu anda ketahui :

Rank - Rankings :
Adalah kedudukan suatu halaman web menurut 'kata kunci/key word' yang diberikan pada
halaman pencari seperti yahoo search atau google.

Page Rank :
Page Rank dan Rankink adalah hal yang berbeda. Kalau Ranking adalah urutan suatau halaman didalam mesin pencari, sedangkan Page Rank adalah merujuk pada suatu system tingkatan/level yang di rancang sedemekian rupa oleh Google untuk mengklasifikasikan 'betapa pentingnya' suatu halaman web yang merujuk pada beberapa faktor seperti 'backlink' yang ada pada web tersebut. Page Rank pada sebuah halaman web bisa diketahui dengan menggunakan Toolbar khas Google.

Keyword :
Keyword Atau Kata kunci yang merujuk pada kata ringkasan pada suatu kandungan isi halaman web/content web tersebut. Keywords yang dimaksudkan disini satu atau gabungan perkataan yang dapat menjelaskan kandungan halaman web tersebut, dimana keywords tersebut akan diletakan pada page title, header, kandungan halaman web dan nama-nama fail.

Page Title:
Merupakan Judul bagi halaman web tersebut, terletak pada bagian atas kode HTML halaman web anda. Judul halaman ini akan terpampang pada title Bar di atas browser window anda, merupakan tanda bagi halaman yang ada.

Algoritma:
Proses perkiraan matematik untuk menapatkan hasil pencarian dalam mesin pencari/search engine. Melalui proses inilah sesebuah halaman web akan mendapat rangking/kedudukanya dalam urutan mesin pencari. Bagi mesin pencari google, google menggunakan lebih dari 100 kriteria dalam menentukan kedudukan sesebuah halaman web pada setiap hasil pencarian

Backlink-Backward links :
Link/tautan url halaman web anda yang diperoleh dari halaman web lain. Dalam arti kata lain, web orang lain meletakan alamat web anda pada halaman web mereka.

Deep Crawl :
Proses “crawling” (pentautan kandungan web) yang dilakukan oleh Google Spider (Bot Google) sebulan sekali. Googlebot akan mengindeks semua halaman yang terdapat dalam web tersebut baik yang sudah diupdate atau pun belum.

Fresh Crawl :
Proses crawling yang berlaku pada setiap hari yang dilakukan oleh Google Spider (Freshbot).

No comments: